Beranda / Berita / GNP 33 UUD 1945 Desak Pemerintah Stop KK Freeport 2021

 

Suara.com – Gerakan NASIONAL Pasal 33 UUD 1945 (GNP 33 UUD 1945) mengapresiasi langkah dari pemerintah Indonesia yang bersikap tegas terhadap manuver PT Freeport Indonesia. Bahkan, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sanggup berhadapan di pengadilan arbitrase internasional jika Freeport tidak tunduk dan mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

“Pemerintahan saat ini telah menunjukkan kedaulatannya sebagai sebuah bangsa,” kata Juru Bicara GNP 33 UUD 1945, Hendri Kurniawan, di Jakarta, Senin (13/3/2017).

Ketegasan tersebut selanjutnya harus ditunjukkan dengan tidak memperpanjang kembali kontrak karya Freeport yang akan habis pascatahun 2021. Dengan momentum berakhirnya kontrak karya Freeport pada tahun 2021, pemerintah Indonesia mempunyai kesempatan untuk memperoleh kepemilikan sepenuhnya kekayaan tambang yang dimiliki.

“Sudah saatnya pemerintah Indonesia melakukan penataan ulang dalam pengelolaan tambang yang berbasis kemandirian dan kesejahteraan,” ujar Hendri.

Dalam pengelolaan kekayaan tambang ke depan, pemerintah harus melibatkan pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Bahkan pemerintah juga harus melibatkan rakyat secara langsung dengan konsep koperasi rakyat maupun tambang rakyat,” jelas Hendri.

Dengan begitu, amanat konstitusi Pasal 33 UUD 1945 dapat dilaksanakan. Negara menguasai bumi, air, udara, dan seluruh kekayaan alam yang terkandung didalamnya dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Maka dari itu, GNP 33 UUD 1945 mendorong kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk mewujudkan kedaulatan nasional dengan melawan segala bentuk ancaman Freeport. Selain itu, pemerintah juga harus mewujudkan kemandirian nasional dengan tidak memperpanjang kontrak karya/izin usaha Freeport.

“Terakhir, wujudkan demokrasi ekonomi dengan melibatkan rakyat dalam pengelolaan tambang nasional,” tutup Hendri.

 

Sumber: http://www.suara.com/bisnis/2017/03/13/160928/gnp-33-uud-1945-desak-pemerintah-stop-kk-freeport-2021

Berita lain terkait aksi ini;

http://politik.rmol.co/read/2017/03/13/283541/Ratusan-Orang-Turun-Aksi-Dukung-Pemerintah-Lawan-Freeport-

Ini Tiga Tuntutan GNP 33 Terhadap Freeport

 

 
 
 

Add a comment

required

required

optional


Anti Spam. Wajib Dijawab! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.