Parade Menangkan Pancasila Kritik Pemerintah

JAKARTA– Parade bertajuk Turunkan Harga Kebutuhan Dasar, Menangkan Pancasila digelar Minggu (28/1). Aksi yang diikuti lebih dari seribu orang tersebut dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) dan berakhir di Patung Arjuna Wiwaha (patung kuda), Jakarta Pusat (Jakpus). Parade yang digelar Posko Menangkan Pancasila (PMP) dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) DKI Jakarta itu merupakan gerakan koreksi terhadap pemerintah atas semakin tingginya harga berbagai kebutuhan dasar rakyat.

”Parade ini dilaksanakan sebagai gerakan koreksi terhadap pemerintah karena semakin tingginya harga-harga kebutuhan dasar rakyat seperti sembako, BBM, listrik, dan gas, di tengah menurunnya daya beli masyarakat,” kata Ahmad Rifai, Koordinator Nasional PMP, kemarin. PMP menilai ada dua hal yang menyebabkan tingginya harga kebutuhan dasar rakyat, yakni penghapusan subsidi dan penyerahan berbagai komoditi kepada mekanisme pasar.

”Untuk itu, pemerintah harus mengoreksi kebijakan neoliberal yang memukul pendapatan rakyat, seperti kebijakan upah murah. Pemerintah harus menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, sementara pembangunan infrastruktur yang padat modal harus diluaskan menjadi padat karya,” katanya. Kemudian di pedesaan, lanjut dia, negara juga harus menjamin dukungan modal, teknologi, dan pasar bagi produk pertanian selain memastikan program reformasi agraria berjalan konsisten guna memberi akses tanah kepada petani penggarap.

”Pemerintah juga harus memastikan harga kebutuhan pokok rakyat terjangkau, menghentikan pencabutan subsidi kepada rakyat terhadap BBM, listrik, dan gas. Juga penghentian terhadap privatisasi layanan kesehatan serta pendidikan,” ujarnya. Seiring dengan pembangunan infrastruktur, pembangunan sektor pangan dan energi harus menjadi program prioritas, dengan mengatur produksi pangan dan energi dari hulu sampai hilir.

Menurut Rifai, gerakan ini akan terus dilaksanakan rutin di Jakarta maupun di daerah-daerah lainnya sebagai koreksi terhadap pemerintah, agar haluan negara yang dijalankan sekarang maupun ke depan, sesuai dengan cita-cita Proklamasi dan semangat Preambule UUD 1945, yang di dalamnya termaktub Pancasila sebagai dasar negara, menuju Indonesia yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur.(bn-67)

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/30241/Parade-Menangkan-Pancasila-Kritik-Pemerintah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam. Wajib Dijawab! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.