Ini 5 Isi Maklumat PRD untuk Menangkan Pancasila

Rapat-Umum-PRD-1 Juni 2016

Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Rabu (1/6/2016), Komite Pimpinan Pusat Partai Rakyat Demokratik (KPP-PRD) menggelar Rapat Umum di gedung Trisula Perwari di jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Dalam Rapat Umum tersebut, PRD mengusung tema besar “Menangkan Pancasila”. Nah, mungkin diantara pembaca ada yang menanyakan alasan penggunaan tema tersebut?

Menurut Sekretaris Jenderal PRD Dominggus Oktavianus, penggunaan tema tersebut tidak terlepas dari keadaan yang dialami oleh Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi bangsa saat ini.

“Menurut penilaian kami, Pancasila saat ini sedang mengalami kekalahan. Dan karena itu tugas kita bersama untuk memenangkan Pancasila kembali,” kata Dominggus usai membacakan Maklumat Menangkan Pancasila.

Ada dua yang membuat Pancasila kalah. Pertama, imperialisme dengan faham neoliberalnya kini sedang berkuasa di Indonesia di lapangan ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Kedua, nilai-nilai Pancasila tidak lagi tercermin dalam praktek penyelenggaraan negara dan kehidupan berbangsa.

Di tempat yang sama, Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengatakan, Pancasila saat ini sedang mengalami invasi dari faham-faham lain, terutama liberalisme dan kapitalisme.

“Pancasila sedang bertarung, melakukan perang konsepsi. Dan ternyata, dalam perang konsepsi itu Pancasila kalah. Dengan amandemen UUD 1945 itu empat kali, Pancasila dikuburkan,” kata Djoko di Rapat Umum tersebut.

Nah, untuk memperjuangkan Pancasila agar kembali sebagai dasar negara dan filosofi bangsa, PRD mengumumkan maklumat untuk memenangkan Pancasila.

Berikut isi maklumat tersebut:

Pertama, kembalikan dan laksanakan Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi bangsa;

Kedua, kembalikan jiwa dan semangat Pancasila, yaitu gotong-royong, untuk mewujudkan demokrasi ekonomi dan demokrasi politik;

Ketiga, jadikan Pancasila sebagai benteng melawan neokolonialisme;

Keempat, jadikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa;

Kelima, jadikan Pancasila sebagai nilai yang mencerminkan jati diri dan kepribadian bangsa Indonesia.

Mahesa Danu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam. Wajib Dijawab! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.